Berburu oleh-oleh di Bandung
Jl. L. L. R.E. Martadinata No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
ID EN

Berburu oleh-oleh di Bandung

Setelah liburan biasanya membawa oleh-oleh itu menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Liburan kemanapun jika tidak belanja rasanya kurang. Begitu pula dengan wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Rasanya wajib sekali membeli oleh-oleh khas Bandung, itu karena kulinernya atau memang karena kota kembang ini menjadi kiblat fashion di Indonesia.

Untungnya, ada banyak pusat oleh-oleh khas Bandung yang tersebar di berbagai kawasan. Kamu bisa menemukannya dengan mudah selagi jalan-jalan menyusuri Kota Kembang ini. Mulai dari kuliner khas Bandung hingga pernak-pernik unik bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh berikut ini:

Kartika Sari

Hampir semua orang yang berlibur ke Bandung pasti pernah membawa oleh-oleh dari Kartika Sari. Pusat oleh-oleh Bandung ini terkenal dengan pisang bollen, yakni pisang dibalut dengan adonan pastry yang kemudian dipanggang. Kartika Sari menyediakan berbagai rasa pisang bollen, yakni original, cokelat, keju, kacang hijau, dan durian.

Selain pisang bollen, ada pula berbagai produk oleh-oleh lain yang tak kalah enak untuk dibawa pulang, seperti brownies panggang, brownies khusus, banana roll, dan stik keju. Di Bandung, gerai Kartika Sari terbesar bisa kamu temukan di kawasan Cimahi, Kopo, Antapani, dan Buah Batu.

Brownies Amanda

Kamu yang tinggal di Surabaya, Jakarta, atau Yogyakarta pasti pernah menjumpai gerai Brownies Amanda. Tapi, tahukah kamu bahwa makanan manis tersebut aslinya berasal dari Bandung? Sesuai namanya, Brownies Amanda menjual brownies kukus dengan aneka rasa, mulai dari original, pandan, cheese cream, stroberi, blueberry, hingga kacang almond.

Satu kotak brownies buatan Brownies Amanda dijual dengan harga sekitar Rp29.000 – Rp55.000. Idealnya, brownies rasa original bisa bertahan hingga empat hari, sedangkan brownies rasa lain dapat bertahan sampai tiga hari. Kamu bisa membelinya di Jalan Rancaboleng No 28, Ruko Paskal Hyper Square A-23, Jalan Pasirkaliki No 27 – 29, dan di Jalan Lengkong Besar No 101 B.

 

Rumah Sosis

Bagi yang kurang suka makanan manis, Rumah Sosis bisa menjadi alternatif pusat oleh-oleh khas Bandung untuk kamu kunjungi. Beberapa menu andalan rumah yang menjual berbagai sosis ini adalah Black Pepper, Beef Bockwurst, Big Bockwurst, Beef Garlic, dan Mini Bockwurst. Jika suka dengan rasa pedas, kamu wajib coba Black Pepper.

Asyiknya, salah satu pusat oleh-oleh Bandung yang paling laris sepanjang masa ini juga menyediakan berbagai fasilitas seru seperti kolam renang, pemancingan, rumah pohon, trampolin, hingga fun climbing. Jadi, sambil belanja oleh-oleh kamu juga bisa berlibur dengan keluarga atau teman-teman. Seru, bukan?

Batagor Riri

Batagor merupakan salah satu kuliner khas Bandung. Tidak lengkap rasanya berlibur ke Kota Kembang kalau belum mampir ke gerai batagor. Dari sekian banyak penjual batagor yang ada di Bandung, salah satu yang paling laris dari masa ke masa adalah Batagor Riri di Jalan Burangrang No 41. Kamu bisa pilih ingin membeli batagor dengan kuah atau kering. Selain batagor, Batagor Riri juga menjual siomai, lho!

Nah, jika membeli batagor sebagai oleh-oleh sebaiknya pisahkan dari bumbu atau kuah. Lalu, mintalah pegawai Batagor Riri untuk menggoreng batagor setengah matang saja. Idealnya, batagor yang digoreng setengah matang bisa bertahan hingga 3 – 4 hari di dalam kulkas.

Gepuk Ny. Ong

Bagi yang belum tahu, gepuk adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dipukul sampai bentuknya pipih, lalu dicampur dengan rempah-rempah. Setelah itu, daging sapi akan dikukus hingga matang. Untuk oleh-oleh, kamu bisa memesan gepuk setengah matang agar bisa digoreng kembali di rumah.

Nah, gerai gepuk di Bandung yang paling populer adalah Gepuk Ny. Ong. Ada beberapa pilihan rasa gepuk yang bisa kamu coba, yakni chicken original, chicken spicy, beef original, beef extra spicy, beef salty, dan beef les sugar. Gepuk Ny. Ong sudah membuka beberapa cabang gerai di Bandung, yakni di kawasan Jalan Pasir Kaliki, Jalan Setiabudi, Jalan Djundjunan, dan Jalan Buah Batu.

Kawasan Cibaduyut

Cibaduyut adalah salah satu kawasan di Bandung yang terkenal dengan produk sepatu dan tas dari kulit. Seluruh produk di Cibaduyut merupakan buatan lokal. Kualitas semua produk tidak kalah dari sepatu dan tas bermerek yang biasa dijual di berbagai pusat perbelanjaan modern, lho!

Tidak hanya berkualitas, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Bahkan, banyak pula yang harganya di bawah Rp100.000! Asyiknya lagi, kamu juga bisa memesan sepatu atau tas dengan desain sendiri. Biasanya, proses pembuatan ini berlangsung selama 1 – 2 minggu, tergantung dari kerumitan desain yang kamu pesan.

Kawasan Cihampelas

Setelah puas berbelanja oleh-oleh tas dan sepatu di Cibaduyut, kamu bisa lanjut membeli oleh-oleh di kawasan Jalan Cihampelas. Di sini, kamu akan menemukan banyak penjual oleh-oleh khas Bandung, mulai dari kaus bergambar ikon Bandung seperti Gedung Sate hingga pernak-pernik berupa  gantungan kunci.

Asyiknya lagi, Cihampelas juga memiliki beberapa spot menarik untuk berbelanja, kuliner, sekaligus berfoto-foto misalnya Teras Cihampelas dan Cihampelas Walk. Jadi, pastikan kamu membawa kamera saat berencana jalan-jalan di kawasan Cihampelas, ya.

Itulah tempat oleh-oleh yang bisa anda kunjungi jangan lupa siapkan uang yang lebih bisa dipastikan anda akan tidak akan puas belanja satu buah oleh-oleh.

Bandung? Jangan lupa menginap di Tebu Hotel, hotel yang dengan konsep alam dan modern ini akan memanjakan anda apabila menginap di hotel ini.

Tebu Hotel

Berdiam di Bandung dalam waktu yang cukup lama tentu membutuhkan akomodasi yang tepat untuk menemani hari-hari di Bandung. Pilihlah hotel sesuai kebutuhan dan jangan lupa kenyamanan hotel pun dapat menjadi prioritas utama dalam memilih. Hotel yang cukup nyaman dan pastinya sesuai kebutuhan anda adalah Tebu Hotel Bandung.

Tebu hotel beralamat Jl. L. L. R. E. Martadinata No. 62, Bandung Wetan, Bandung dan merupakann hotel bintang tiga dengan menawarkan fasilitas yang modern. Hotel ini terdapat beberapa kamar yang dilengkapi fasilitas seperti AC, Tv hingga akses WiFi. Fasilitas pendukung lainnya seperti restoran ,ruang serbaguna dan lahan parkir. Tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi sekitar hotel terdapat Gedung Sate, museum Prangko, Stasiun Bandung dan beberapa factory outlet di Jalan Riau.

Kamar-kamar yang terdapat di tebu hotel ini terdapat bagian-bagian ornamen kayu yang dipasang di dinding menambah suasana kamar menjadi etnik namun modern. Setiap kamar juga dilengkapi jendela dengan tujuan pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Bandung secara leluasa. Perpaduan nuansa alami dan modern ini membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Restoran untuk bersantap pun didesain modern, hangat dengan tempat duduk yang memudahkan interaksi dengan pengunjung lain. Menu yang akan didapatkan aneka hidangan khas Indonesia.

Kegiatan bisnis pun akan mudah dijalankan di tebu hotel ini karena hotel menyediakan fasilitas lengkap kebutuhan bisnis anda mulai dari ruangan serbaguna, fasilitas penunjang acara, pelengkapan acara hingga makanan secara langsung.

Ayo tunggu apa lagi ke Bandung jangan lupa menginap di Tebu hotel.